Jumat, 26 Oktober 2007

Menentukan ukuran kandang

Seringkali kita berpikir untuk membuat sebuah kandang bagi kucing yang kita sayangi.Akan tetapi masih bingung harus menentukan ukuran.Nah,pernahkah kita melihat seekor kucing yang disimpan dalam sebuah kandang import seharga 150rb sampai 200rb yang sempit (biasanya berukuran kurang lebih 55 x 45).Kandang itu bisa berwarna merah,putih,atau biru yang biasanya terdapat di petshop-petshop.

Terkadang saya berpikir,bagaimana mau menempatkan kotak pasirnya terus bagaimanapula kucing dapat bergerak,mau poop (buang air besar),atau menyimpan makanan dan minumannya dengan ukuran seperti ini.

Banyak orang salah kaprah membiarkan kucingnya hidup dalam kandang sempit,dimana ia susah untuk bergerak karena harus berbagi tempat dengan makanan dan minumannya.Untuk poop pun kucing harus dikandang itu,tidur pun begitu sehingga kebanyakan kucing menjadi kotor serta bau bahkan sampai terkena penyakit kulit.Sehingga mengurangi keindahan dari kucing itu sendiri.

Aku pernah menyaksikannya sendiri bagaimana sempitnya kucing hidup dalam kandang semacam itu.Tahukah kamu,dulu kucingku yang bernama Koko hidup dalam kandang sempit yang tak layak.Bahkan bisa disebut penjara.Dulu bulunya yang hitam pekat disemir kuning oleh pemiliknya.Berbagai penyakit mulai dari jamur,sampai cacingan hinggap ditubuhnya.Dengan sedikit kesabaran dan usaha yang keras akhirnya aku dapat menjadikan Koko menjadi kucing yang sehat dan lebih baik dari sebelumnya tentunya.

Itu hanya sekelumit penggalan cerita dari kehidupan penjara kucing.Bagaimana bila itu terjadi pada manusia? Nggak enak khan pastinya.Lebih baik mati daripada hidup dalam penjara yang tak layak.Iya khan.

Semakin luas sebuah kandang maka akan semakin bagus.Karena kucing dapat bergerak lebih bebas.Tapi bagaimana jika rumah kita sempit? Jadi menurut saya ukuran kandang yang paling minimalis adalah panjang = 90cm lebar = 60cm,karena sudah cukup untuk menempatkan keperluan bagi kucing,baik tempat poop dan tempat untuk makanan dan minumannya.Tapi saya lebih menyukai dan menyarankan sebaiknya ukurannya adalah panjang = 100cm dan lebar = 70cm (lebih besar lagi lebih bagus) apalagi apabila terdapat tingkat untuk tempat tidur kucing.Sehingga kucing merasa nyaman didalamnya.

Trus kandang lipat impor itu cocoknya untuk apa? Jawaban dari pertanyaan ini adalah kandang lipat itu sangat cocok kita gunakan untuk menjemur kucing sesudah dimandikan atau juga untuk ajang dalam pameran atau lomba sebab ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk memindahkannya.Jadi fungsi utamanya ya kurang lebih seperti itu.

Tidak ada komentar: