Senin, 12 November 2007

Penyakit jamur

Contoh gambar Microsporum canis yang dilihat menggunakan mikroskop

Setiap cat lover pasti sudah akrab dengan nama penyakit yang satu ini baik bagi seorang pemula atau bahkan seorang senior pun pasti pernah mengalami masalah yang satu ini terhadap kucing-kucing kesayangannya.Memang hal ini sudah lazim dan susah untuk menghindarinya karena kedatangannya yang sebenarnya sangat tiba-tiba dan tidak kita inginkan.

Bahkan seorang teman yang memiliki cattery yang cukup besar sekalipun juga masih terkena padahal perawatannya sudah extra.Penyebab jamur ini disebabkan oleh oleh beberapa spesies tapi yang paling sering menyerang anjing dan kucing adalah spesies jamur yang bernama Microsporum canis.

Ciri-ciri kucing terkena jamur adalah bulu rontok dengan pola melingkar terkadang apabila diraba terasa ada benjolan agak kasar ditubuhnya.Dan yang paling umum atau dapat dilihat dengan kasat mata yaitu munculnya bercak-bercak putih menyerupai ketombe.

Jamur tumbuh berkembang biak dengan pesat apabila kondisi lingkungan tempat hidup kucing kurang bersih atau kotor.Tak jarang pula apabila telat memandikan,maka jamur ini juga akan nongol.

Tapi jangan khawatir,untuk mengobati penyakit yang satu ini gampang-gampang susah,diperlukan kesabaran dan ketekunan dari pemiliknya.Pengobatan yang biasa saya lakukan adalah memandikan kucing dengan air hangat yang telah dicampuri dettol secukupnya biasanya aku mandikan seminggu dua kali.Setelah itu pengobatannya dilakukan setiap hari baik dari luar atau dari dalam.Untuk pengobatan luar saya selalu menggunakan salep Nizoral,setiap hari saya olesin pada tempat yang terkena jamur (usahakan waktu mengolesinya tepat pada bagian yang terkena jamur).Untuk pengobatan bagian dalam saya meminumkan griseufolvin 125mg pagi dan sore selama kurang lebih satu minggu.Untuk kitten / kucing kecil cukup setengahnya saja.Jamur pasti amblas deh.

Pencegahannya adalah mandikan kucing secara teratur jangan sampai telat.Selalu bersihkan kandang setiap hari dengan menggunakan semprotan disinfektan.Apabila kucing terlihat kotor segera mandikan walaupun jarak dari mandi yang pertama masih sangat dekat hal ini untuk mencegah kucing dihinggapi spora jamur.

Oke deh,selamat mencoba teman-teman.

2 komentar:

ebharcat mengatakan...

saya memiliki kucing anggora yg sepertinya di daerah atas kuping terkena jamur tersebut apakan untuk mendapatkan salep nizoral serta griseufolvin itu saya harus pergi ke dokter hewan atau membelinyA DI TOKO OBAT?
kucing saya mengidap penyakit jamur ini sehabis ia sakit panas.
jika ia sakit ia pup&buang airnya tidak rapih seperti biasanya!
terkena kaki sampai badan tapi keesokkannya saya mandikan agar tidak bertambah parah sakitnya.
apa dari situ ia terkena jamur?
terima kasih atas pemberitahuan ttg jamur ini!

ivgantara mengatakan...

mau nanya nich kalau mau beli jenis obat itu dimana? makasih ya soalnya kucing2 saya kena jamur sedih liatnya :(